Photobucket

085840316900

Rabu, 11 Februari 2009

Mandiri Ala Dipa "The Changcuters"





Mandiri Ala Dipa "The Changcuters"

TINGGAL jauh dari orang tua juga dialami sama Dipa, bassis The Changcuters. Bahkan sampai saat ini, Dipa harus tinggal jauh dari orang tua karena pekerjaannya lebih banyak di Pulau Jawa. "Saya enggak tinggal lagi sama orang tua di Medan dan mulai ngekos sejak masuk kuliah semester satu, tahun 2000. Yang beneran ngekosnya cuma enam bulan, terus bareng sama temen-temen ngontrak rumah. Bisa dibilang ngekos juga, tapi bareng sama temen-temen yang kenal deket," kata Dipa.

Buat Dipa, ngekos ataupun tinggal di rumah enggak ada bedanya tuh. "Apa yah, tinggal di rumah sama ngekos sebenernya sama aja sih, tergantung orangnya juga," kata salah seorang pemain film "The Tarix Jabrik" ini.

Biasanya kalau denger kata kos, yang muncul di benak orang-orang itu bebas. Apa iya, anak kos lebih bebas dari anak rumahan? "Kalau dibilang bebas sih iya, tapi yah bebas yang biasa aja, yang wajar aja. Walaupun emang tergantung orangnya juga. Paling yang lebih bebas buat anak kos itu, keluar rumah kapan aja. Kalau di rumah kan kalau mau keluar rumah harus izin orang tua dulu," kata Dipa

Soal ngekos atau enggak itu memang pilihan dan ketika memutuskan Belia kudu punya alasan yang tepat, kayak kata Dipa. "Kalau masih SMA, tetapi udah memutuskan buat ngekos bagus-bagus aja. Asal harus bener alasannya, misalnya dia ngekos karena alasan ingin bisa lebih mandiri nah itu bagus. Tapi kalau ngekos cuma pengen lepas dari pantauan orang-tua, nyari bebas-bebasnya aja, wah itu yang enggak bener. Jadi kembali ke orangnya masing-masing juga," kata Dipa.

Walaupun Dipa bilang ngekos sama di rumah sama-sama aja, tapi kalau Bulan Ramadan dateng emang ada satu hal yang bikin Dipa inget rumah. "Kalau jadi anak kos, waktunya sahur sama buka suka sendirian. Kalau di rumah kan bareng-bareng. Paling itu yang kerasa bedanya, antara kalau kos sama tinggal di rumah," kata Dipa.

Nah, kalau soal makanan sahur dan buka Dipa enggak bingung, dia lebih milih buat masak sendiri. Serius bisa masak? "Bisa masak dong! Masak mi instan sama masak air buat bikin teh," kata Dipa sambil ketawa. "Sebenernya lebih enak masak makanan sendiri walaupun seadanya aja. Tapi tergantung sih, kalau emang lagi pengen masak ya masak kalau lagi pengen makan apa gitu ya beli aja," lanjut Dipa.

Ngomongin soal rumah, ada nih yang bikin ngekos enggak enak banget. "Kalau kita lagi sakit, terus kita sendirian. Walaupun tinggal sama temen-temen mereka kan enggak selalu ada. Kalau di rumah kan ada keluarga," keluh Dipa. Kayaknya gara-gara ngomongin rumah Dipa jadi kangen rumah. Rencananya dia bakal pulang ke Medan Lebaran nanti. "Satu-satunya kesempatan buat ketemu keluarga di Medan itu paling kalau Lebaran. Kalau waktu masih kuliah sih setahun dua kali, Lebaran sama libur semesteran. Kalo setelah lulus sih paling Lebaran. Insya Allah setiap Lebaran saya pulang ketemu keluarga," kata Dipa. 

Sumber : Pikiran Rakyat Bandung

Tidak ada komentar: